Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Infrastruktur Maksimal dan Efisien Menggunakan Thin Client

edited August 9 in Blog

Penggunaan aplikasi yang lebih dari satu client, memang mutlak membutuhkan jaringan / network, tetapi saya selalu menyarankan kepada semua customer saya untuk menggunakan Thin Client.

Bagi yg belum tahu Thin Client, adalah jaringan yg hanya memanfaatkan satu PC saja sebagai server, sedang-kan di client-nya di pasang sebuah komputer khusus yang minim spek yg hanya cukup menjalankan aplikasi Remote Desktop ke Server. Jadi yg tampil di client adalah copy layar dari Server, lebih detil-nya bisa di baca di https://en.wikipedia.org/wiki/Thin_client

Berikut adalah manfaat dan keunggulan Thin Client:

  1. Murah, karena harga sebuah komputer Thin Client kisaran 1,25 jt saja bandingkan dgn harga PC setidak-nya 2,5 - 3 jt an

  2. Hemat Listrik, karena sebuah Thin Client hanya membutuhkan daya setidak-nya 12 - 20 Watt saja, daya terbesar hanya di komputer Server. Sehingga UPS cukup di pasang di Server-nya saja, tidak perlu membeli satu-2 untuk semua Client.

  3. Minim Kerusakan, listrik yang naik turun voltase, mati mendadak adalah potensi merusak PC atau setidak-nya isi harddisk jd kacau. Thin Client tidak ada harddisk sehingga tidak perlu kuatir.

  4. Hasil Kerja tidak hilang kalau Listrik Mati mendadak, bayangkan saat membuat nota tiba-2 listrik mati mendadak, kalau di PC biasa semua kerjaan tsb terpaksa di ulangi lagi, tapi dgn Thin Client tidak akan hilang sebab pekerjaan dilakukan di server, asalkan server di pasang UPS.

  5. Minim Perawatan, ini yang paling penting dgn PC biasa sbg client potensi masalah di UPS Client, Harddisk, Memory, Settingan Networking Berubah dll. Dgn Thin Client beberapa hal diatas sdh tidak ditemui lagi.

  6. Kemudahan settingan share, tidak perlu ilmu tambahan networking, cukup sharing simple saja untuk mengatur akses user.

  7. Tampilan Lambat :smiley: . Lho lambat kok keuntungan, yang jelas ini alasan utama saya yg kedua setelah Minim Perawatan. Tampilan lambat akan membuat frustasi yg main Game, Nonton You Tube dan hal-2 yang gak penting. Memang-nya mau kerja atau hiburan ? Tetapi walaupun tampilan lambat tetap masih masuk akal untuk urusan pekerjaan.
    Bahkan hanya mendengarkan lagu saja bisa dimatikan fungsi-nya.

  8. Pernah dengar solusi Enterprise menggunakan Citrix ? ujung-2 nya sama saja remote screen juga. Jadi solusi Thin Client yg sama kelas dengan enterprise.

  9. Tidak harus Aplikasi Web untuk jaringan Internet. Punya banyak cabang terpisah tapi aplikasi-nya cuma desktop ? jangan kuatir solusi ini bisa diterapkan, apalagi bandwith internet semakin lama semakin besar dan murah.

  10. Aman dari distribusi data Penting, semua data-2 disimpan di Server, jika fungsi copy dimatikan maka data tsb tidak bisa di copy di client. Semua harus lewat server sehingga tidak perlu kuatir data berceceran di mana-2 yg mengakibatkan tingkat keamanan sangat rendah

  11. Susah jelasin-nya, tapi terkait no. 10, begini cerita-nya Server di sembunyikan kalau perlu di letakkan di Jakarta koneksi via internet. Saat terjadi pengambilan paksa komputer client, mereka hanya mendapatkan sebuah unit tanpa ada data-nya apalagi ceceran data excel yg biasanya user save sembarang tempat.
    Simpulkan sendiri-lah tujuan-nya untuk apa, saya gak ikut-2 :wink:

  12. Centralized update, ini alasan utama ke tiga, seperti hal-nya aplikasi Web yg di update sekali di satu tempat maka semua client lgs merasakan perubahan-nya. Dengan aplikasi Desktop sekalipun bisa merasakan kemudahan ini, bayangkan jika harus update satu-2 di semua komputer client, itu sudah kuno.

Tagged:
Sign In or Register to comment.